Rabu, 17 April 2013

Pengantar/ Pendahuluan

A. Tujuan Umum :
Warga belajar dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya, baik secara eksternal maupun internal, serta rasa percaya diri dalam berintegrasi dengan lingkungannya.

B. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami isi dan tujuan dari perkuliahan pengembangan diri.

C. Topik : Pendahuluan / Pengantar :
1. Isi dan Tujuan Pengembangan Diri ( Personality Development )
2. Pentingnya Pengembangan Diri
3. Kasus PHK
4. Syarat untuk Sukses
5. Kuda Tunggangan

D. Materi Pengajaran :

Isi dan Tujuan Pengembangan Diri ( Personality Development ) :
1. untuk mempelajari bagaimana seharusnya Anda menerima diri Anda;
2. untuk mengembangkan perasaan harga diri, percaya diri;
3. untuk meningkatkan pengertian diri, nilai-nilai diri;
4. untuk memperoleh pengertian yang lebih baik mengenai “kepribadian” seseorang;
5. untuk mempelajari perubahan-perubahan dalam gaya hidup ( life style ).

Pentingnya Pengembangan Diri :

Bahwa sukses seseorang ditentukan :
20 % oleh ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis;
80 % oleh hal-hal lain ( termasuk kecerdasan emosional ).

Bahwa kasus pemutusan hubungan kerja ( PHK ) disebabkan :
15 % oleh kesalahan dan kurang terampil ( tidak bisa bekerja );
80 % oleh factor rasa suka atau tidak suka.

Bahwa pondasi utama untuk sukses :
1. jujur pada orang lain dan diri sendiri;
2. disiplin;
3. bergaul baik dengan semua orang;
4. dukungan orang tua / keluarga ( termasuk pasangan hidup );
5. ulet dan bekerja keras.

Bahwa seseorang yang ingin sukses, harus memiliki “Kuda Tunggangan”

Long – Shot :
1. The Hard Work Horse = 100 : 1
2. The IQ Horse = 75 : 1
3. The Education Horse = 60 : 1
4. The Company Horse = 50 : 1

Medium – Shot :
1. The Creativity Horse = 25 : 1
2. The Hobby Horse = 20 : 1
3. The Geography Horse = 15 : 1
4. The Publisity Horse = 10 : 1

Short – Shot :
1. The Product Horse = 5 : 1
2. The Idea Horse = 4 : 1
3. The Other Person Horse= 3 : 1
4. The Partner Horse = 5 : 1
5. The Spouse Horse = 2 : 1
6. The Family Horse = 3 : 1

E. Metode Pengajaran :
1. Presentasi
2. Diskusi

F. Sumber Pengajaran :
1. Pengembangan Kepribadian, Euis Winarti, Penerbit Graha Ilmu.
2. Meniti Sukses Menata Masa Depan, M. Syahrial Yusuf,dkk. Penerbit Graha Ilmu.
3. Pengembangan Diri, Lembaga Pengembangan Kepribadian John Robert Powers.
4. Professional Image, A. B. Susanto.
5. Mengatur Waktu Secara Efektif, Lothar J. Seiwert, PT Elex Media Komputindo.

G. Evaluasi / Latihan :
Buatlah makalah dengan struktur berikut !

Satuan Acara Pengajaran

Mata kuliah : Personality Development
Program : All Program
SKS / Semester : 2 / III

Tujuan Umum :
Warga belajar dapat mengembangkan potensi-potensidalam dirinya, baik secara eksternal maupun internal, serta rasa percaya dirinya dalam berintegrasi dengan lingkungannya.

Referensi :
1. Pengembangan Kepribadian, Euis Winarti, Penerbit Graha Ilmu.
2. Meniti Sukses Menata Masa Depan, M. Syahrial Yusuf,dkk. Penerbit Graha Ilmu.
3. Pengembangan Diri, Lembaga Pengembangan Kepribadian John Robert Powers.
4. Professional Image, A. B. Susanto.
5. Mengatur Waktu Secara Efektif, Lothar J. Seiwert, PT Elex Media Komputindo.

Media :
1. Note book
2. L C D
3. Kertas kerja
4. Papan tulis

1.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memehami isi dan tujuan perkuliahan daripengembangan diri
Personality Development

Pokok Bahasan : Pengantar Pengembangan Pribadi

Sub Pokok Bahasan :
1. Isi dan tujuan pengembangan diri ( personality development ).
2. Pentingnya pengembangan diri.
3. Syarat untuk sukses.
4. Kasus PHK.
5. Kuda tunggangan.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.

Evaluasi :
1. Kehadiran 10 %.
2. Formatif dan tugas 20 %.
3. Perilaku 10 %.
4. Ujian Tengah Semester 25 %.
5. Ujian Akhir Semester 35 %.

2.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami arti dan dinamika kepribadian dan pengembangan pribadi serta dapat memperoleh pengetahuan totalitas diri yang tepat untuk mencapai perkembangan secara optimal.

Pokok Bahasan : Kepribadian dan Pengembangan Diri

Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian kepribadian.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kepribadian.
3. Pengertian pengembangan pribadi.
4. Pengenalan diri.
5. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan pribadi.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.

3.  Tujuan Khusus :
1. Warga belajar dapat memahami arti umpan balik dan dapat menggunakannya dalam pekerjaannya.
2. Warga belajar dapat memahami diri sendiri secara lebih baik dari orang lain.

Pokok Bahasan : Umpan Balik

Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian umpan balik.
2. Syarat-syarat pemberian umpan balik.
3. Johari’s Windows.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.
4. Memberi dan menerima feedback.

4.  Tujuan Khusus :
Warga belajar mempunyai sikap positif dalam menghadapi situasi.

Pokok Bahasan : Pengembangan Sikap Positif

Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian untuk berfikir positif.
2. Berfikir positif VS berfikir negative.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.

5.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat berpenampilan serasi sesuai dengan profesinya.

Pokok Bahasan : Kesehatan / Tata Rias dan Busana / Ekspresi Suara

Sub Pokok Bahasan :
1. Kesehatan.
2. Grooming.
3. Busana dan aksesoris.
4. Variasi suara.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.
4. Memberi contoh.

6.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami pentingnya komunikasi efektif dengan orang lain dan dapat mengenal dan mampu bersikap asertif dalam berkomunikasi.

Pokok Bahasan : Komunikasi dan Pengungkapan Diri

Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian komunikasi.
2. Komunikasi verbal dan nonverbal.
3. Cara mendengar yang aktif.
4. Pengertian asertif, agresif, dan submisif.
5. Pengungkapan diri yang efektif.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.

7.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami makna kemampuan berinteraksi antar pribadi dalam upaya pengembangan kualitas diri.

Pokok Bahasan : Hubungan Antar Pribadi

Sub Pokok Bahasan :
1. Konsep dan makna hubungan pribadi.
2. Peran komunikasi dalam hubungan pribadi.
3. Intensitas hubungan antar pribadi dan penyesuaian diri.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.

8.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami etika dan penerapannya dalam perusahaan.

Pokok Bahasan : Etika

Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian etika.
2. Etika dan etiket.
3. Etika social dan etika bisnis.
4. Table manners ( Etika perjamuan makan ).

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.

9.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat mengatur diri dengan peluang waktu yang ada sehingga dapat merencanakan hidup dan karier sesuai dengan sasaran.

Pokok Bahasan : Merencanakan Hidup dan Karier

Sub Pokok Bahasan :
1. Mengatur diri sendiri.
2. Mencatat waktu dan menganalisisnya.
3. Fungsi dan pentingnya sasaran.
4. Analisis situasi.
5. Merumuskan sasaran.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Studi kasus.
4. Games.

10.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja, mengikuti wawancara dengan sukses, dan mempresentasikan diri serta meyakinkan orang lain akan kemampuannya.

Pokok Bahasan : Persiapan Kerja, Interview, dan Presentasi

Sub Pokok Bahasan :
1. Pekerjaan yang sesuai.
2. Kepribadian untuk memenangkan sesuatu.
3. Persiapan untuk menghadapi interview.
4. Cara membuat resume.
5. Kemampuan presentasi individu.
6. Cara bertanya dan menjawab.
7. Mengetahui keahlian Anda.
8. Cara menjual diri Anda.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Studi kasus.
4. Games.

11.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami kiat-kiat belajar efektif dan dapat mengaplikasikannya dalam proses belajar.

Pokok Bahasan : Belajar Efektif dan Kiat Jitu Belajar Cepat

Sub Pokok Bahasan :
1. Kiat belajar – otomatis membawa hasil.
2. Kiat efektif dalam belajar.
3. Cara belajar optimal.
4. Belajar sejati dan menyenangkan.
5. Keajaiban program SOT.
6. Quantum learning.
7. Kekuatan belajar.
8. Bagaimana menghadapi abad 21.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Studi kasus.
4. Games.

12.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami keterlibatan otak dalam proses belajar dan dapat menjaganya sehingga dapat menciptakan kecerdasan intelegensi dan kecerdasan emosional.

Pokok Bahasan : Otak dan Kecerdasan

Sub Pokok Bahasan :
1. Struktur dan fungsi otak.
2. Kehebatan otak dan proses belajar.
3. Langkah-langkah menjaga kebugaran otak.
4. Kecerdasan intelegensi.
5. Kecerdasan emosional.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.

13.  Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat menciptakan energi positif dalam setiap aktivitas sehingga dapat menciptakan gairah dalam kehidupan.

Pokok Bahasan : Mengatur Ritme Gairah Hidup

Sub Pokok Bahasan :
1. Membiasakan diri hidup sehat.
2. Menciptakan ide-ide cemerlang.
3. Berfikir positif.
4. Berkata hanya dengan niat baik.
5. Mengelola hobi menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.
6. Membahagiakan orang lain.
7. Memperbaiki penampilan lahiriah.
8. Mengasah kecerdasan emosional.
9. Meditasi, doa, dan kepasrahan.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.

14.  Tujuan Khusus :
Warga belajar memiliki strategi dan sikap dalam menghadapi setiap hambatan yang dihadapinya.

Pokok Bahasan : Antisipasi Menghadapi Kegagalan

Sub Pokok Bahasan :
1. Sikap menghadapi kegagalan.
2. Ciptakan berbagai skenario.
3. Bertahan dengan sikap optimistis.
4. Bangkit kembali dan lakukan yang terbaik.

Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Simulasi.